Manfaat Wortel

Oleh /

Di daerah tropis seperti di Indonesia, wortel sangat mudah ditemui. Wortel telah dikonsumsi hampir di seluruh penduduknya, baik digunakan sebagai sayur, minuman, atau olahan makanan lainnya. Wortel memang memiliki banyak manfaat sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Salah satu manfaat wortel adalah yang paling dikenal masyarakat adalah untuk menjaga kesehatan mata.

Wortel sendiri memiliki banyak warna, seperti oranye, kuning, ungu, merah, putih, dan juga hitam. Akan tetapi, wortel berwarna oranyelah yang paling banyak ditemukan dan dikenal. Banyak orang yang tidak tahu bahwa terdapat wortel dengan warna selain oranye. Semua jenis wortel sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat lain selain untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan Kimia

1. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Vitamin yang paling banyak terdapat pada wortel adalah vitamin A. Vitamin A yang terkandung di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dari rabun dan penyakit mata lain. Vitamin A juga memiliki manfaat yang bagus untuk pertumbuhan, perkembangan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin B yang terdapat di dalam wortel adalah biotin dan vitamin B6. Biotin sendiri berperan untuk meningkatkan sistem metabolisme lemak dan protein dalam tubuh. Sedangkan vitamin B6 dan vitamin-vitamin lainnya berperan untuk mengubah makanan menjadi energi yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Vitamin lainnya yang terdapat di dalam wortel adalah vitamin K yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang serta berperan penting dalam proses pembekuan darah.

2. Karbohidrat

Karbohidrat memiliki peran penting di dalam tubuh manusia. karbohidrat berperan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah. Di dalam wortel banyak terkandung karbohidrat yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi wortel setiap hari dapat mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang terkait dengan gula darah, salah satunya adalah diabetes.

3. Serat

Serat yang terdapat di dalam wortel adalah pektin, selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Serta dapat mengatasi maslah terkait dengan pencernaan dan baik untuk meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Selain itu, serat memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, mengontrol kadar gula darah, serta membantu menurunkan berat badan.

Tak heran apabila wortel banyak dikonsumsi sebagai menu diet harian. Wortel juga baik dikonsumsi orang yang menderita diabetes, karena fungsi kandungan gizinya yang dapat mengontrol kadar gula darah.

4. Antioksidan

Wortel merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan. Antioksidan yang terkandung di dalam wortel sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan apabila tidak diatasi dengan menangkalnya atau melakukan detoksifikasi.

Selain baik untuk kesehatan, antioksidan juga baik dalam menjaga kecantikan kulit. Antioksidan dapat mengatasi kerutan-kerutan halus di wajah yang muncul akibat radikal bebas.

5. Senyawa Lainnya

Selain beberapa kandungan gizi di atas, wortel juga memiliki kandungan senyawa lain. Kandungan senyawa yang terdapat di dalam wortel adalah karotenoid, lutein, likopen, anthocyanin, beta karoten dan alpha karoten, dan poliasetilenes. Kandungan senyawa tersebut memiliki manfaat yang baik untuk tubuh salah satunya adalah melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker.

Manfaat Wortel

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti halnya sayuran-sayuran lain, manfaat wortel adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Mengkonsumsi sayuran termasuk wortel dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner sekitar 32 persen. Hal itu tidak terlepas dari kandungan gizi yang terdapat di dalam wortel. Kandungan gizi di dalam wortel berperan untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan kolesterol dalam tubuh, sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker

Senyawa yang terdapat di dalam wortel, yaitu beta karoten dan alpha karoten dapat mencegah dan mengatasi berbagai jenis pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, kanker perut, kanker paru, dan sebagainya. Wortel merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan senyawa beta karoten dan alpha karoten yang tinggi, sehingga bagus untuk mengatasi kanker.

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, seorang perokok yang mengkonsumsi wortel lebih dariĀ  satu selama satu minggu dapat menurunkan risiko kanker paru yang dibandingkan seorang perokok yang jarang mengkonsumsi wortel. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi wortel setiap hari, secara tidak langsung dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dipercaya sangat baik untuk meningkatkan kesehatan mata. Vitamin juga memiliki peran dalam mencegah berbagai macam penyakit mata. Wortel merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin A lebih banyak dibandingkan sayuran dan buah-buahan lain.

Kandungan karoten dan vitamin A yang terkandung di dalam wortel sangat bagus untuk mencegah terjadinya rabun senja dan meningkatkan kesehatan mata. Apabila seseorang memiliki masalah yang terkait dengan mata, misalnya menurunnya tingkat penglihatan mata, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi wortel, karena kandungan yang terdapat di dalam wortel telah terbukti untuk mengatasi kesehatan mata.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Salah satu manfaat wortel adalah meningkatkan daya ingat. Apabila Anda memiliki masalah dengan menurunnya daya ingat, sehingga kesulitan untuk belajar, maka Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi wortel, baik dengan memasaknya sebagai sayur, jus, ataupun memakannya secara langsung. Vitamin B yang terdapat di dalam wortel akan membantu mempertajam ingatan Anda.

5. Mengembalikan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Apabila Anda sedang sakit atau baru saja sembuh dari sakit, maka mengkonsumsi wortel adalah salah satu hal yang patut dicoba. Di dalam wortel terdapat vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Vitamin C juga berperan mengembalikan daya tahan tubuh yang sempat hilang ketika Anda sakit.

Selain itu, mengkonsumsi wortel juga dapat mempercepat proses kesembuhan Anda ketika Anda sedang terserang penyakit seperti flu atau infeksi lain. Kandungan kimia yang terdapat di dalamnya dapat menjadi obat alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang akan melawan bakteri serta virus yang terinfeksi di dalam tubuh.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi

Apabila Anda memiliki alergi terhadap susu sapi, wortel dapat dijadikan alternatif lain. Wortel mengandung vitamin K dan kalsium yang bagus untuk menjaga serta memperkuat tulang dan gigi. Anda dapat meminum jus wortel sebagai pengganti susu untuk menjaga dan memperkuat tulang Anda.

7. Sebagai Antioksidan

Wortel mengandung zat antioksidan yang baik untuk tubuh. Zat antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada manusia. Maka dari itu, wortel dapat dikonsumsi sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas untuk mencegah berbagai macam penyakit.

8. Sebagai Anti Aging dan Menjaga Kesehatan Kulit

Selain untuk kesehatan, wortel juga memiliki sejuta manfaat yang bagus untuk kulit, salah satunya adalah sebagai anti aging. Wortel mengandung antioksidan serta senyawa karotenoid dan polifenol yang dapat menangkal radikal bebas bagi kulit. Kulit yang terkena radikal bebas akan memunculkan jerawat serta kerutan-kerutan halus pada wajah. Anda dapat menjadikan wortel sebagai masker sebagai anti aging alami kulit wajah Anda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *