minyak sereh wangi

Minyak Sereh Wangi

Sebagai negara yang gemah ripah lo jinawi, Indonesia memiliki berbagai macam tanaman yang tumbuh subur, salah satunya adalah sereh wangi. Sereh wangi yang merupakan salah satu jenis tanaman minyak atsiri ini saat ini merupakan salah satu jenis tanaman jenis minyak atsiri yang menghasilkan minyak esensial terbaik.

Minyak sereh wangi atau juga dikenal sebagai minyak serai wangi adalah minyak yang dihasilkan dari hasil penyulingan akar, kulit batang, daun, bunga dan bji tumbuhan sereh wangi(Cymbopogon nardus. L) . Minyak jenis ini dikenal sebagai salah satu minyak yang bernilai ekonomi tinggi.

Di dunia kesehatan, minyak sereh wangi sudah sejak lama digunakan memiliki manfaat untuk mengurangi ruam, inflamasi, infeksi, rasa sakit dan kondisi kesehatan lainnya. Hal ini tak lepas dari kandungan antioksidan dan fitokimia yang tinggi yang terdapat padah sereh wangi.

Minyak sereh wangi juga dikenal memiliki kandungan antiseptik, antimikroba dan antijamur, sehingga selain dapat digunakan sebagai pengharum ruangan yang menenangkan, minyak ini juga dapat mengusir serangga seperti nyamuk, lalat dan kecoa yang mengganggu.

Kandungan Minyak Sereh Wangi

Minyak mengandung senyawa sitronellal sekitar 32 – 45%, geraniol 10 – 12%, sitronellol 11 – 15%, geranil asetat 3 – 8%, sitronellal asetat 2 – 4% dan sedikit me-ngandung seskuiterpen serta senyawa lainnya (Masada, 1976).

Manfaat Minyak Sereh Wangi

  1. Menghilangkan rasa gatal karena gigitan serangga
  2. Mencegah gigitan serangga
  3. Pengusir serangga alami
  4. Menyembuhkan penyakit kulit (jamur) kurap kadas panu
  5. Menghaluskan kulit
  6. Pestisida alami (pertanian) pengusir tikus dan hama wereng
  7. Aroma terapi (pengharum ruangan)
  8. Campuran dalam industri sabun, deterjen dan pembersih lantai

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *