Penyakit Lupus

Oleh /

Lupus merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan. Secara lebih dalam, penyakit ini merupakan penyakit kelainan pada sistem kekebalan tubuh. Dalam penyakit ini, maka kekebalan tubuh seseorang akan terlalu berlebihan. Nah, untuk mengenal lebih jauh tentangnya, penyakit lupus : penyebab, gejala, obat dan komplikasinya sangat penting untuk di ketahui.

Penyakit lupus ini bisa menyebabkan efek yang cukup buruk dalam berbagai hal dan organ tubuh. Oleh karena itu penanganan sejak awal perlu di lakukan. Dan untuk beberapa  informasi lebih lanjut terkait dengan penyakit lupus ini, silahkan Anda simak ulasannya di bawah ini.

Apa Saja Yang Menyebabkan Penyakit Lupus?

Setiap penyakit tentu saja memiliki penyebab tertentu. Begitu juga dengan penyakit lupus ini. Nah, untuk mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan penyakit lupus, silahkan simak informasinya di bawah ini.

1. Genetika

Faktor pertama yang bisa menjadi penyebab penyakit lupus adalah faktor mutasi genetika. Dalam hal ini biasanya gen termutasi akan berhubungan erat dengan salah satu sistem kekebalan tubuh. bahkan, dalam sebuah penelitian, sudah di katakan bahwa jika seorang yang lahir kembar menderita lupus, resiko saudara kembarnya terkena lupus memiliki presentase 25%.

2. Lingkungan

Faktor selanjutnya yang juga sangat berpengaruh dalam hal ini adalah faktor lingkungan. Secara ilmiah, faktor yang satu ini memang belum banyak di pastikan. Namun, adanya faktor  lingkungan memang sangat di percaya menimbulkan lupus. Salah satu contohnya adalah adanya perubahan gen saat hamil maupun saat puber.

3. Obat-obatan

Penyebab penyakit lupus yang terakhir adalah obat-obatan. Dalam hal ini ketika salah kadar dalam mengkonsumsi obat, maka pasien bisa terkena lupus. Apalagi obat tertentu yang di konsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda waspada. Namun, jangan khawatir karena lupus yang di sebabkan obat, pada umumnya gejala akan hilang jika konsumsi berhenti.

Gejala Yang ditimbulkan Penyakit Lupus

Setelah mengenal beberapa penyebabnya, pembahasan selanjutnya dari penyakit lupus : penyebab, gejala, obat dan komplikasinya adalah mengenal beberapa gejala yang bisa terjadi. Dan daftar gejala tersebut bisa di temukan di bawah ini.

1. Kelelahan

Gejala pertama yang biasa di alami oleh penderita lupus adalah kelehan. Dalam hal ini Anda mungkin akan sulit mengatasinya karena akan berhubungan dengan waktu istirahat dan tidur Anda. Nah, untuk mengatasi masalh tersebut, jangan khawatir karena Anda bisa konsultasikan dnegan dokter.

2. Demam tidak jelas

Demam pada umumnya akan di sebabkan oleh hal tertentu. Namun, jika demam terjadi begitu saja tanpa adanya penyebab pastinya cukup aneh. Dalam hal ini, bisa jadi demam tersebut adalah gejala lupus. Berkaitan dengan hal ini perlu Anda ketahui bahwa demam yang biasa terjadi pada penderita adalah demam yang ringan, berkisar antara 36.9 derajat hingga 38.3 derajat.

3. Rambut rontok

Lupus bisa jadi di tandai dengan rontoknya rambut Anda. Namun, tentu saja rambut rontok ini tidak selalu mengarah pada lupus karena ada banyak sekali penyakit yang bisa memancingnya. Dalam hal ini, jika sekiranya Anda mengalami beberapa gejala lain yang di sertai dengan rambut rontok, mungkin baru bisa di katakan bahwa kemungkinan penyakit Anda adalah lupus.

4. Masalah paru

Gejala lain yang mungkin di tunjukkan oleh penyakit ini adalah terjadinya masalah pada paru-paru. Jika paru-paru Anda mulai meradang dan peradangannya mulai meluas, bisa jadi ini adalah tanda bahwa Anda mengalami lupus.

5. Peradangan ginjal

Bukan hanya paru-paru, penyakit lupus juga sangat familiar dengan masalah ginjal. Dalam hal ini peradangan ginjal bisa jadi adalah salah satu gejalanya. Pada umumnya penderita lupus sendiri akan terus mengalami perkembangan dalam peradangan ginjalnya. Hingga akhirnya ginjal sulit menyaring racun dan limbah dari darah.

6. Sendi nyeri dan bengkak

Dalam hal ini peradangan akan menyebabkan rasa sakit, dan pembengkakan pada sendi. Selain itu, sendi mungkin juga terasa kaku. Hal ini akan sangat terasa saat pagi hari. Gejala ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

7. Mulut dan mata kering

Gejala selanjutnya yang mungkin terlihat adalah pada mulut dan mata. Bisa jadi penderita lupus mengalami gejala awal mata yang terasa kering dan berpasir. Hal ini adalah salah satu gejala awal lupus. Gejala ini akan semakin jelas ketika pada kulit dan mulut menjadi kering.

Obat Untuk Penyakit Lupus

Penyakit lupus : penyebab, gejala, obat dan komplikasinya memang sangat penting untuk di pelajari lebih jauh. Dan pembahasn selanjutnya yang akan d bahas adalah obat penyakit lupus. Dalam hal ini ada beberapa obat yang bisa Anda aplikasika. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Obat anti-Inflamasi Non Steroid

Obat pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat lupus adalah anti inflamasi yang non steroid. Obat ini akan sangat bermanfaat sebagai pereda rasa nyeri pada sendi secara berangsur-angsur. Akan tetapi jika menggunakan jenis obat tersebut, terlebih dahulu Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

2. Kortikosteroid

Selain obat tersebut, dalam hal ini kortikosteroid juga bisa di manfaatkan secara maksimal sebagai obat lupus. Hal ini karena obat tersebut bisa berfungsi sebagai antiinflamasi dan pereda nyeri. Pada umumnya, ketika penyakit penderita lupsus sudah semakin parah, obat ini aka segera di berikan. Hanya saja dosis obat ini cukup tinggi sehingga perlu memperhatikan anjuran dokter.

3. Obat Imonusupresan

Lupus adalah salah satu penyakit yang di sebabkan oleh berlebihnya kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tentu sangat bermanfaat jika Anda menekan fungsi kekebalan tubuh yang berlebih tersebut. Dan obat yang satu ini merupakan solusi tepat yang bisa membantu penekanannya sehingga kerusakan yang di akibatkan penyakit pun bisa di minimalisir.

4. Rituximab

Obat terakhir yang juga bisa di aplikasikan adalah rituximab. Perlu Anda ketahui jika obat yang satu ini masih tergolong baru dan sebenarnya dalam pengembangannya di aplikasikan untuk obat kanker darah. Akan tetapi, untuk menangani penyakit sejenis lupus, ternyata obat ini sangatlah berfungsi dan cukup efektif. Namun, dalam penggunaannya pastikan mengikuti anjuran dokter.

5 Komplikasi Yang Bisa Di Timbulkan Oleh Penyakit Lupus

Pembahasan mengenai penyakit lupus : penyebab, gejala, obat dan komplikasinya sudah hampir tuntas kecuali satu poin yakni masalah komplikasi. Dan yang di maksud di sini adalah, ketika seseorang menderita penyakit lupus, maka bisa jadi akan mengalami berapa komplikasi sebagaimana berikut.

1. Penyakit ginjal

Komplikasi pertama yang bisa di akibatkan oleh penyakit lupus adalah penyakit ginjal. Dalam hal ini jika setelah di vonis terkena lupus Anda mengalami pembengkakak pada kaki, mungkin ginjal Anda memang sedang dalam masalah. Bahkan, jika memang sudah parah, gejalanya bisa sampai adanya urine yang bercampur dengan darah.

2. Penyakit jantung

Tidak hanya ginjal, jantung pun bisa menjadi sasaran dalam hal ini. Sedangkan komplikasi yang paling umum untuk jenis penyakit jantung adalah infeksi pada selaput pembungkusnya. Selain itu bisa juga terjadi penebalan pembuluh darah, hingga melemahnya otot-otot jantung.

3. Penyakit paru-paru

Komplikasi pada paru-paru ini cukup berbahaya. Dan ini sudah sangat banyak terjadi meskipun tidak di alami oleh semua penderita. Presentasenya adalah 1 dari 3 penderita lupus akan mengalaminya. Dan ketika terjadi penyakit paru-paru, yang akan terjadi pada pasien adalah dia merasakan sakit saat bernapas. Bisa juga sampai batuk dengan mengeluarkan darah.

4. Gangguan peredaran darah

Ketika salah satu penderita lupus mengalami gangguan peredaran darah, pada umumnya tidak ada gejala yang secara langsung di temukan. Namun hanya ada beberapa gejala umum saja. diantaranya adalah seperti distribusi oksigen dalam darah yang terganggu, produksi sel darah putih yang berkuran, atau terjadinya anemia.

5. Gangguan saraf dan mental

Penyakit yang satu ini memang cukup mengkhawatirkan karena bisa sampai mengakibatkan yang namanya gangguan pada mental dan saraf pederitanya. Penyebabnya adalah karena penyakit ini menjadikan semakin lemahnya kerja saraf sehingga akan berdampak pada stress. Pada akhirnya, banyak penderita yang  konsentrasinya mulai melemah, cepat lupa dan sakit kepala parah terjadi.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *