Penyebab Jerawat

Oleh /

Jerawat adalah sesuatu yang sangat mengganggu yang biasa muncul di bagian wajah, dalam membasmi Jerawat memang bukan hal yang mudah. Tetapi sebelum anda mengatasi atau mencegah munculnya Jerawat, anda juga harus mengetahui apa saja yang menjadi penyebab Jerawat muncul di wajah anda.

Ada banyak hal yang bisa menjadi pemicu tumbuhnya Jerawat di wajah, bisa karena kebiasaan buruk anda atau bisa juga dari makanan yang anda konsumsi. Misalnya saja anda kurang memperhatikan kebersihan wajah sehingga membuat wajah lebih mudah terkena kotoran atau debu. Oleh karena itu penting sekali untuk menjaga kebersihan wajah, agar anda terhindar dari Jerawat.

Penyebab Jerawat Di Wajah

1. Menyentuh wajah pada saat tangan sedang dalam keadaan kotor

Setiap orang biasanya memiliki kebiasaan buruk yaitu sering menyentuh wajah pada saat tangan anda kotor. Hal itu memang tidak disadari secara langsung, misalnya anda baru saja memegang handphone, alat make up dan benda lainnya lalu langsung menyentuh wajah. Maka hal itu bisa menyebabkan Jerawat muncul di wajah.

Sebaiknya anda rutin membersihkan barang-barang yang anda sentuh, agar bakteri tidak menempel di sana. Selain itu jika setelah menyentuh barang-barang tertentu, anda harus membersihkan tanganĀ  sebelum mulai menyentuh wajah. Agar Jerawat tidak muncul karena tangannya yang kotor.

2. Berasal dari rambut yang kotor

Jangan sepelekan rambut anda karena rambut yang kotor juga dapat mempengaruhi timbulnya Jerawat di wajah. Kotoran pada rambut yang menempel di wajah bisa menyebabkan Jerawat, terutama pada poni yang menempel di dahi. Maka dari itu cucilah rambut anda dengan rutin, dan pastikan rambut selalau berada dalam keadaan bersih.

3. Terlalu cepat menyerah pada obat Jerawat

Jika anda melakukan perawatan wajah untuk menghilangkan Jerawat, maka dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam mendapat hasil yang diinginkan. Biasanya jika anda menggunakan obat Jerawat maka hasilnya tidak akan muncul hanya dalam waktu 1 minggu saja.

Bagi anda yang sedang menggunakan obat Jerawat maka jangan terburu-buru mengganti obat jika hasilnya masih belum tampak. Karena biasanya hasil dari pemakaian obat Jerawat baru akan terlihat setelah 1 bulan pemakaian, atau bahkan lebih. Jadi jangan terburu-buru mengganti merk obat Jerawat jika belum kelihatan hasilnya.

4. Terlalu sering mencuci muka atau menggunakan scrub di wajah

Mencuci muka memang menjadi hal yang penting untuk menjaga wajah anda bersih dari Jerawat, tetapi terlalu sering mencuci muka juga tidak baik bagi wajah. Atau misalnya anda menggunakan scrub di wajah terlalu sering. Jika hal itu terjadi maka wajah bisa menjadi iritasi dan sensitif.

Wajah memproduksi minyak di wajah untuk melembapkan wajah secara alami, dan melindungi wajah. Anda cukup mencuci wajah sebanyak 2 x sehari saja, pastikan anda memilih sabun yang cocok dengan jenis muka anda. Jika Jerawat terlanjur muncul di wajah, jangan menggunakan scrub karena akan menyebabkan wajah menjadi iritasi.

5. Cara mencuci muka yang tidak tepat

Mencuci wajah ternyata harus dilakukan dengan benar, misalnya saja jika setelah mencuci wajah anda menggunakan handuk atau waslap maka pastikan handuk dan waslap tersebut bersih dari bakteri. Karena bakteri yang menempel di wajah dari handuk akan menjadi penyebab Jerawat tumbuh di wajah.

Selain itu jika anda terlalu sering mencuci muka dengan scrub, maka wajah anda akan terkena iritasi bahkan terjadi peradangan di wajah. Bahkan kulit wajah bisa rusak jika anda menggunakan scrub secara terus menerus.

6. Kebiasaan mengorek atau memencet Jerawat

Kebiasaan memencet atau mengorek Jerawat juga adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari, karena hal ini malah akan memicu timbulnya Jerawat baru di wajah. Memencet Jerawat juga tidak akan membuat Jerawat menjadi cepat hilang. Wajah malah akan menjadi rusak, meninggalkan bekas luka di wajah.

Wajah yang terkena bekas luka tidak akan enak dipandang, dan hal itu pasti akan sangat mengganggu. Menghilangkan bekas Jerawat di wajah justru lebih sulit dibanding menghilangkan Jerawat itu sendiri. Maka gunakanlah pengobatan yang tepat pada Jerawat anda, agar Jerawat bisa segera hilang dan meminimalisir bekas Jerawat di wajah.

7. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula

Menurut sebuah penelitian kandungan gula yang terdapat pada beberapa jenis makanan seperti roti putih, cake, coklat dan makanan lainnya yang mengandung banyak gula dapat menimbulkan Jerawat di wajah. Maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula.

8. Produk olahan susu

Makan makanan yang mengandung olahan susu juga menimbulkan Jerawat di wajah, seperti misalnya susu, keju, es krim, biskuit, dan lain sebagainya. Karena jika anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan dari olahan susu ini, maka hormon insulin di dalam darah akan berpotensi memperparah kondisi Jerawat.

9. Gula rafinasi

Tahukah anda gula rafinasi, yaitu gula mentah yang diproses terlebih dahulu agar menghasilkan tingkat kemurnian yang sangat tinggi. Misalnya yang terdapat pada minuman yang bersoda, warna gula ini juga akan lebih putih dibandingkan dengan gula pasir pada umumnya.

Gula rafinasi ini tidak baik dikonsumsi terlalu banyak karena jenis gula yang satu ini lebih cepat diserap oleh tubuh. Sehingga kadar gula darah di dalam tubuh dapat meningkat, dan hormon insulin pun meningkat. Menurut penelitian gula rafinasi ini juga bisa menjadi salah satu penyebab Jerawat, karena termasuk pada jenis makanan yang manis-manis.

10. Makanan cepat saji

Kini makanan cepat saji sudah menjadi jenis makanan yang sangat populer dan sudah menjadi salah satu gaya hidup masa kini. Padahal makanan ini termasuk pada jenis makanan yang tidak sehat, dan jika terlalu sering makan makanan cepat saji ini maka akan meningkatkan resiko munculnya Jerawat di wajah.

Contoh makanan cepat saji yang banyak dikonsumsi oleh banyak orang adalah nugget, burger, kentang goreng, milkshake dan lain sebagainya. Oleh sebab itu sebaiknya anda tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji ini, walaupun rasanya memang sangat enak.

11. Coklat

Makanan yang satu ini sudah dikenal sebagai makanan yang bisa menyebabkan Jerawat, dan kebanyakan orang yang menyukai makanan coklat ini adalah wanita. Sehingga wanita lebih rentan terkena Jerawat dibanding pria. Kadar gula di dalam coklat inilah yang dipercaya sebagai salah satu penyebab munculnya Jerawat di wajah.

Bahkan menurut suatu penelitian coklat dapat meningkatkan reaksi terhadap sistem imun tubuh, kemudian menghasilkan substansi interleukin. Hal itulah yang menjadi bakteri yang menyebabkan Jerawat tumbuh di wajah anda. Bahkan bisa terjadi peradangan dan memperparah kondisi Jerawat.

12. Gorengan

Makanan gorengan adalah jenis makanan yang banyak disukai oleh setiap orang, dan dari berbagai kalangan. Padahal minyak yang terdapat pada makanan gorengan bisa menjadi pemicu tumbuhnya Jerawat di wajah. Menurut penelitian ada sekitar 71% orang yang mengalami Jerawat di wajah yang semakin parah, setelah mengkonsumsi gorengan.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *