Penyebab Mimisan

Oleh /

Mimisan hampir pernah dialami oleh setiap orang khususnya pada anak-anak, Mimisan adalah kondisi yang umum terjadi dan biasanya tidak sampai mengancam jiwa. Kondisi ini berupa darah yang keluar dari hidung, walaupun tidak ada luka atau hidung tidak terbentur apapun. Darah yang keluar bisa keluar dari 1 hidung atau keduanya, penyebab Mimisan ada bermacam-macam.

Misalnya karena faktor obat-obatan, faktor keturunan, atau pun penyakit, dan masih banyak penyebab lainnya yang menyebabkan Mimisan itu terjadi. Ada beberapa kelompok orang yang memiliki faktor risiko tinggi terkena Mimisan, diantaranya yaitu anak-anak yang berusia 2-10 tahun, lansia, ibu hamil, dan orang-orang yang terbiasa mengkonsumsi obat pengencer darah.

Penyebab Terjadinya Mimisan

Dinding di hidung kita memiliki banyak pembuluh darah halus yang letaknya mendekati kulit, sehingga mudah rusak. Ada beberapa faktor pemicu yang menyebabkan Mimisan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Proses membuang ingus yang terlalu kencang.

Faktor utama yang bisa menyebabkan seseorang mengalami Mimisan adalah kebiasaan membuang ingus terlalu keras. Misalnya pada saat anda terkena flu dan ingus akan keluar terus menerus, maka anda akan membuang ingus untuk membuat sistem pernafasan menjadi lega kembali.

Tapi anda harus menghindari membuang ingus dengan terlalu keras, karena hal ini akan memicu iritasi yang terjadi pada hidung. Jika hidung iritasi maka anda bisa mengalami Mimisan tersebut.

2. Tidak sengaja melukai dinding hidung pada saat anda mengorek hidung.

Kebiasaan mengorek-ngorek hidung memang sering kali terjadi pada setiap orang, tetapi terkadang kebiasaan ini menyebabkan Mimisan karena mengorek hidung terlalu dalam atau anda tidak sengaja melukai dinding hidung. Maka sebaiknya anda melakukan kebiasaan ini dengan lebih hati-hati.

3. Terjadinya udara yang kering atau dingin, sehingga lapisan di dalam hidung yang kering menjadi lebih rentan terkena luka dan terinfeksi.

Kondisi alam seperti perubahan cuaca yang sering berubah-ubah misalnya suhu udara, suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin akan menjadi salah satu penyebab Mimisan. Hal ini memang bukan merupakan kondisi kesehatan yang serius, dan darah pun akan berhenti mengalir saat tubuh sudah berada pada kondisi tubuh yang ideal.

4. Sinusitis akut atau kronis.

Sinusitis adalah gangguan kesehatan yang biasanya disebabkan oleh meradangnya dinding sinus atau rongga kecil yang letaknya di antara tulang pipi dan dahi. Gangguan kesehatan sinus ini juga bisa menyebabkan Mimisan. Tetapi jika darah yang keluar warnanya gelap dan mengeluarkan bau tak sedap, waspadai hal itu karena bisa menjadi gejala tumor.

5. Akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang mengakibatkan munculnya Mimisan, obat-obatan tersebut misalnya aspirin, antikoagulan, atau obat pelega pernafasan secara berlebihan. Maka hindari menggunakan obat-obatan tersebut secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama.

6. Penggunaan obat-obatan terlarang misalnya karena menghirup kokain.

kokain biasanya digunakan dengan cara dihirup, jika anda terlalu sering menghirup kokain tersebut maka hidung bisa menjadi iritasi dan menyebabkan Mimisan. Maka jangan mengkonsumi narkoba atau obat-obatan terlarang secara berlebihan.

7. Memiliki alergi

Sebagian orang memiliki kondisi alergi yang terjadi pada hidung, alergi tersebut bisa disebabkan oleh alergi terhadap polutan atau debu, asap motor dan mobil, pasir sampai dengan asap rokok. Kondisi alergi ini memang tidak terlalu mengganggu, tetapi bagi mereka yang memiliki sistem pernafasan yang sensitif hal itu bisa menyebabkan perdarahan ringan.

8. Tekanan darah yang tiba-tiba naik

Jika anda memiliki penyakit tekanan dara tinggi maka anda harus berhati-hati untuk faktor risiko Mimisan yang bisa anda alami. Meningkatnya tekanan darah tinggi secara seketika, bisa membuat pembuluh darah pecah. Pecahnya pembuluh darah tersebut bisa di beberapa area tubuh tertentu, misalnya hidung.

9. Adanya gejala dari beberapa penyakit tertentu

Penyebab Mimisan lainnya yang harus anda waspadai adalah jika adanya gejala munculnya suatu penyakit berbahaya. Misalnya saja kanker darah atau leukeumia, yang sering kali menyebabkan hidung menjadi sering Mimisan. Mimisan yang diakibatkan karena adanya gejala penyakit, biasanya akan menimbulkan sakit kepala berat sampai muntah darah.

Jika ternyata anda mengalami hal itu maka anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui penyakit apa yang anda alami. Karena Mimisan biasanya berupa perdarahan ringan, sedangkan Mimisan yang disebabkan oleh gejala penyakit bisa menjadi perdarahan parah.

10. Operasi hidung

Banyak orang yang telah melakukan operasi hidung, baik untuk mendapatkan hidung yang mancung maupun untuk membuat hidung bengkok menjadi lurus. Bagi seseorang yang habis melakukan operasi hidung, jangan kaget jika hidung anda tiba-tiba Mimisan karena hal itu efek dari operasi hidung tersebut.

Gejala Dari Mimisan Yang Perlu Anda Waspadai

Mimisan biasanya merupakan perdarahan ringan yang tidak berbahaya, tetapi jika anda mengalami beberapa gejala Mimisan yang di luar kebiasaan normal seperti biasanya maka anda harus mewaspadi hal itu. Karena mungkin saja gejala tersebut adalah indikasi adanya penyakit tertentu yang berbahaya.

  1. Mimisan yang biasa terjadi biasanya hanya terjadi selama 30 menit, tetapi jika anda mengalami Mimisan lebih dari 30 menit maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke rumah sakit.
  2. Jika Mimisan terjadi pada anak di bawah usia 2 tahun, karena biasanya Mimisan pada anak terjadi pada anak yang usianya 2-10 tahun.
  3. Mimisan biasanya hanya mengeluarkan darah sedikit dan tidak banyak, anda harus mulai waspada jika Mimisan mengeluarkan jumlah darah yang banyak.
  4. Mimisan yang terjadi setelah operasi hidung atau karena sinus juga bisa berbahaya, segera pergi ke dokter jia hal itu terjadi.
  5. Mimisan terjadi cukup sering tetapi dalam waktu yang cukup singkat.
  6. Detak jantung anda tidak beraturan ketika anda  mengalami Mimisan.
  7. Anda juga mengalami kesulitan bernafas ketika sedang Mimisan.
  8. Muntah darah yang diakibatkan oleh terlalu banyak menelan darah Mimisan.
  9. Mimisan disertai dengan demam dan munculnya ruam di kulit.
  10. Mimisan terjadi setelah anda mengalami cedera hidung.
  11. Kulit anda berubah menjadi pucat saat anda mengalami Mimisan, biasanya hal ini disertai dengan volume darah yang keluar banyak.
  12. Mimisan yang diiringi perdarahan di bagian tubuh lainnya misalnya saat kencing atau dari urin.

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *