Penyebab Penuaan Dini

Oleh /

Semakin bertambahnya usia maka kelembapan dan daya lentur wajah akan berkurang sehingga wajah mudah berkerut terutama pada dahi dan mata. Proses penuaan usia ini tentu tidak bisa dihindari, namun kini dengan kemajuan teknologi dan banyaknya aktivitas juga telah membuat banyak kalangan muda tampak lebih tua daripada umurnya. Salah satu faktor penyebab penuaan dini ini yaitu pola hidup yang tidak sehat.

Banyaknya aktivitas di depan layar handphone dan laptop telah menjadikan kulit di sekitar mata menjadi gelap dan keriput. Apalagi tidak diimbangi dengan pola makan dan istirahat yang cukup, sehingga tubuh kekurangan asupan gizi dan menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat. Selain faktor tersebut, masih banyak hal lain yang menyebabkan penuaan lebih cepat seperti yang dijelaskan berikut ini.

 10 Penyebab Penuaan Dini pada Wanita dan Pria

1. Faktor Genetika

Penuaan dini juga bisa diakibatkan oleh faktor genetika yang diwariskan oleh orang tua. Ada keluarga yang memiliki wajah awet muda dan ada juga yang tampak lebih tua dari umurnya. Jika demikian maka faktor penuaan dini tidak bisa dihindari oleh keturunan mereka. Salah satu cara menutupinya yakni dengan membuat wajah tetap segar dengan pola hidup sehat dan perawatan wajah yang teratur.

2. Stres Berlebihan

Terlalu banyak pikiran bisa menimbulkan kondisi psikologis seseorang terbebani dan lebih rentan mengalami penuaan dini. Menurut sebuah penelitian, stres yang berkepanjangan bisa memperpendek usia sel leukosit dalam darah yang berperan dalam menjaga sistem imun, dan memicu penuaan dini lebih cepat. Untuk itu, ketika merasa pikiran Anda terlalu terbebani maka lebih baik untuk istirahat sebentar dan mencari hiburan agar kembali fresh.

3. Kurang Tidur dan Salah Posisi Tidur

Banyak orang menyepelekan waktu tidur dan memilih begadang hingga pagi hari. Padahal proses peremajaan kulit terjadi ketika seseorang beristirahat di malam hari. Maka tidak salah jika mereka kemudian mengalami kerutan dan lingkaran hitam di sekitar kelopak mata. Kebiasaan tidur juga memengaruhi penuaan dini karena kulit yang mengenai kasur atau tertutup bantal tidak akan bisa bernapas.

4. Paparan Radikal Bebas dan Sinar UV

Polusi dan sinar matahari merupakan faktor terbesar yang berperan dalam menyebabkan penuaan dini. Efek radikal bebas dari polusi bisa merusak kolagen dan menyebabkan kulit tampak kusam dan lebih tua. Ditambah dengan paparan sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran matahari yang mampu merusak elastisitas kulit dan menghambat proses regenerasi sehingga menimbulkan garis-garis halus pada kulit bahkan rusaknya kulit.

5. Kurang Asupan Gizi dan Nutrisi

Kulit tubuh membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup seperti serat, vitamin, karbohidrat, dan zat antioksidan agar terhindar dari efek radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi sel kulit mati akibat sinar matahari. Kurangnya asupan gizi dan nutrisi seperti pada sayur-sayuran dan buah bisa menyebabkan kulit kering, tidak segar, dan tampak lebih tua.

6. Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok bisa menyebabkan aliran darah dalam tubuh menjadi terhambat sehingga tubuh akan kekurangan oksigen dan menyebabkan kulit menjadi kering, kusam, dan kasar. Kandungan rokok seperti nikotin juga bisa menyebabkan kulit wajah kehilangan kelembapannya. Selain itu, tembakau pada rokok bisa mengurangi kadar vitamin A yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas, dan mampu merusak kolagen sehingga kulit menjadi cepat keriput.

7. Faktor Alkohol dan Asupan Gula Berlebih

Mengkonsumsi gula yang berlebihan dapat mempercepat proses glikasi pada darah. Proses ini terjadi saat kadar gula darah sedang tinggi-tingginya. Molekul gula akan mengikat protein dalam darah dan membentuk molekul AGEs yang bisa merusak kolagen dan elastisin yang menyebabkan kulit tampak tua dan tidak segar. Kandungan gula yang tinggi juga terdapat pada alkohol, sehingga para pecandunya lebih rentan mengalami penuaan dini.

8. Penurunan Hormon

Seiring bertambahnya usia maka hormon yang ada dalam tubuh akan berkurang. Pada wanita, penurunan hormon terjadi saat mengalami menstruasi dan menopause. Dan untuk memperbaiki mood saat menstruasi terkadang mereka lebih sering mengkonsumsi gula dalam jumlah yang banyak. Padahal kadar gula yang berlebih bisa mengakibatkan lonjakan hormon insulin dan menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

9. Kekurangan Lemak dan Minyak dalam Tubuh

Sel kulit tubuh terdiri dari membran sel yang terbentuk dari lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6. Sehingga kurangnya produksi lemak dan minyak dalam tubuh akan mengakibatkan kulit menjadi kering, kusam, dan bersisik. Untuk itu selalu penuhi asupan cairan, lemak dan minyak dalam tubuh agar kulit tetap terlihat segar.

10. Ekspresi Wajah dan Perawatan yang Salah

Beberapa orang berpendapat jika dengan senyum bisa menyebabkan kita awet muda. Namun kenyataannya gerakan wajah bisa menimbulkan lekukan dan garis-garis halus pada wajah. Dan dengan semakin bertambahnya umur maka tingkat elastisitas kulit untuk mengembalikan garis lekukan tersebut akan berkurang. Selain itu, perawatan wajah dengan alat dan bahan yang salah juga bisa menyebabkan kulit rentan keriput dan menyebabkan penuaan lebih cepat.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *