Penyebab Vertigo

Ditulis oleh: /

Vertigo adalah keadaan yang dialami oleh seseorang yang merasa bahwa lingkungan dan sekelilingnya berputar – putar. Jika anda mengalami kondisi ini, anda mungkin akan merasa kehilangan keseimbangan, sehingga anda kesulitan untuk berdiri apalagi untuk berjalan. Penyebab vertigo ada banyak faktor, karena vertigo sendiri bukanlah sebuah penyakit melainkan perkumpulan dari berbagai gejala.

Tanda – Tanda Anda Mengalami Vertigo

Gejala umum vertigo adalah rasa pusing yang sangat berat, kepala terasa berputar – putar, anda akan kehilangan keseimbangan untuk berdiri dan berjalan. Karena gejala – gejala tersebut membuat penderita mengalami mual, muntah dan berkeringat dingin secara berlebihan.

Penderita juga akan merasakan sakit kepala yang sangat, terkadang disertai dengan nistagmus atau pergerakan mata yang tidak normal serta telinga yang berdenging dan merasa akan terjatuh. Kondisi seperti ini biasanya berlangsung kurang lebih 5 menit.  Jika terjadi berulang kali sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan sesuai aturan kesehatan.

Penyebab Terjadinya Vertigo

Apa saja yang menjadi penyebab vertigo bisa terjadi. Ternyata vertigo bisa terjadi berdasarkan jenis vertigo yang dialami. Karena secara umum vertigo dibagi menjadi dua jenis berdasarkan dari penyebab terjadinya.

1. Vertigo Periferal

Jenis yang satu ini merupakan jenis vertigo yang paling sering terjadi, yang paling banyak penderitanya. Penyebab dari vertigo ini biasanya dikarena anda mengalami permasalahan pada telinga bagian dalam anda sehingga kehilangan kemampuan untuk mengatur keseimbangan tubuh.

Ketika anda menggerakkan kepala, telinga yang bagian dalam memiliki tugas memberikan informasi dimana kepala anda berada yang kemudian mengirimkan signal ke otak untuk mengatur keseimbangan. Sehingga anda tetap dalam kondisi aman meskipun kepala anda berubah – ubah tempat.

Namun, jika telinga anda mengalami gangguan apalagi telinga bagian dalam akan menyebabkan banyak perubahan. Anda akan lebih sering merasakan sakit nyeri dan pusing. Hal ini biasa terjadi karena peradangan pada bagian dalam telinga biasanya akan disertai dengan infeksi sekunder baik itu bakteri atau virus.

2. Vertigo Central

Jika tadi vertigo perifer terjadi karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam, maka sebaliknya untuk vertigo central. Vertigo jenis ini disebabkan oleh adanya kerusakan atau gangguan pada organ otak. Bagian otak yang memegang peran penting dalam hal ini adalah cerebellum atau otak kecil.

Yang tersebut di atas adalah perbedaan vertigo berdasarkan dari organ yang diserang. Selanjutnya adalah beberapa penyebab vertigo yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Berikut penjelasan rincinya.

3. Benign Paroxysmal Positional Vertigo

Benign paroxysmal positional vertigo merupakan paling banyak menyebabkan vertigo, yang secara umum dialami oleh sebagian besar masyarakat. Kondisi tersebut adalah kondisi dimana vestibular telinga bagian dalam mengalami gangguan dan di picu oleh adanya gerakan kepala secara tiba – tiba.

Gerakan secara tiba – tiba misalnya perubahan posisi kepala  dari tegak menjadi menunduk dengan tiba – tiba. Atau bisa juga ketika anda bangun tidur dengan tiba –tiba. Bisa juga ketika anda sedang melakukan olahraga dengan menunduk atau mendongak dengan tiba- tiba. Semua gerakan tersebut bisa menyebabkan terjadinya kelainan pada organ telinga bagian dalam.

Kondisi ini biasanya lebih sering dialami oleh orang – orang yang memiliki riwayat sakit telinga atau bahkan sampai operasi. Riwayat cidera kepala atau adanya infeksi pada telinga juga bisa menjadi penyebab terjadinya permasalahan yang serius pada telinga.

Berdasarkan riset dari beberapa ahli, menjelaskan bahwa kondisi BPPV bisa terjadi karena adanya serpihan kristal karbonat yang seharusnya ada di dinding telinga bagian dalam lepas. Kristal karbonat ini berfungsi untuk menciptakan ilusi gerak pada telinga bagian tengah. Karena lepas ketika anda menggerakkan kepala secara tiba – tiba kristalnya akan berpindah posisi sehingga mengganggu keseimbangan anda.

Kristal tersebut kemudian merangsang gerakan cairan secara tidak normal ketika anda menggerakkan kepala secara tiba – tiba. Kondisi ini yang kemudian menyebabkan anda tidak seimbang dan seolah – olah dunia bergoyang. Namun gejala ini biasanya dialami oleh orang yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

4. Mengalami Labrintis

Penyebab vertigo yang ke dua adalah labrintis. Kondisi dimana bagian labirin dalam telinga mengalami radang. Sementara bagian labirin merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam mengendalikan pendengaran dan keseimbangan seseorang.

Infeksi pada bagian ini biasanya karena bakteri atau virus, bakteri atau virus masuk biasanya ketika anda sedang mengidap flu. Jika anda mengalami gejala ini segera bawa ke rumah sakit supaya mendapat perawatan seperti seharusnya.

5. Migrain

Migrain adalah kondisi dimana anda merasakan sakit kepala yang sangat namun hanya pada sebelah sisinya saja. Sakit kepala jenis ini biasanya tidak disertai dengan rasa nyeri yang berlebihan dan biasanya gejala ini lebih sering dialami oleh para remaja. Langkah yang harus anda lakukan adalah menghindari pemicu munculnya migrain sehingga risiko untuk terkena vertigo semakin kecil.

6. Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan gangguan saraf yang menyerang langsung sistem saraf pusat sampai otak dan juga sumsum tulang belakang. Biasnya hal ini hanya terjadi pada sebagian orang yaitu yang memiliki masalah pada sistem kekebalan tubuhnya sehingga rentan terhadap gangguan dan masalah kesehatan lainnya.

7. Neuroma Akustik

Adalah kelainan berupa adanya tumor jinak pada saraf vestibular, saraf vestibular adalah saraf yang menghubungkan telinga dengan otak. Sampai saat ini penyebab utamanya terjadinya masalah ini adalah karena kelainan genetika.

8. Tumor Otak

Penyebab vertigo yang satu ini biasanya menyerang bagian serebellum atau bagian otak kecil. Oleh karena itu, penderita gangguan ini akan mengalami masalah pada pergerakan atau terjadi inkoordinasi gerak tubuh atau mengalami kecacatan.

9. Stroke

Yang terakhir adalah karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang terjadi pada otak. Jika vertigo disebabkan oleh hal ini dan tidak mendapat penanganan khusus akan berakibat pada kematian. Segera bawa ke rumah sakit jika anda menemukan kasus vertigo yang kemungkinan karena adanya sumbatan pembuluh darah otak.

Berikut tadi adalah beberapa penyebab terjadinya vertigo yang paling sering terjadi berdasarkan kasus. Mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati oleh karena itu peduli pada masalah – masalah kecil sebelum menjadi penyakit berbahaya.


Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *