Pola Hidup Sehat

Oleh /

Pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari dapat didukung dengan melakukan olahraga yang teratur dan manjaga pola makannya dengan baik. Karena seperti yang anda ketahui kesehatan merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Oleh karena itu, anda sebaiknya menjaga kesehatan tubuh anda dengan baik.

Sebenarnya untuk menjaga tubuh anda agar tetap sehat bukanlah hal yang sulit dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Yang paling penting anda melakukannya dengan konsisten serta disiplin dalam menjalankan pola hidup sehat. 

Pola Hidup Sehat yang bisa Anda Terapkan

Bagi anda yang berniat untuk menerapkan pola hidup sehat, langsung saja simak tipsnya berikut ini.

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang biasa anda konsumsi merupakan salah satu nutrisi untuk jiwa anda. Bila makanan anda didominasi oleh gorengan, fast food dan daging-daging berlemak, akan menyebabkan tubuh anda rentan terhadap gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, telur dan lain sebagainya yang dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat dan berenergi.

Anda bisa memulainya dengan cara membuat rencana daftar menu dalam seminggu dan berbelanja kebutuhan sehari-hari sekaligus. Namun, khusus untuk sayuran dan buah-buahan sebaiknya dalam kondisi yang masih segar. Dengan begitu, anda bisa membuat keseimbangan dalam pembagian nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pada tiap harinya.

Selain itu, dalam membuat rencana daftar menu sehari-hari sebaiknya juga memperhitungkan kelengkapan nutrisi 4 sehat 5 sempurna dan juga kemudahan dalam mendapatkan bahan makanan tersebut. Misalnya seperti, sayur, buah, kacang, susu, daging, dan lain sebagainya. Ini berguna agar nutrisi dalam tubuh anda bisa tercukupi dengan baik.

2. Rajin Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin tentunya dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh anda. Misalnya dalam meningkatkan kualitas hidup, meningkatkan kekuatan tulang dan menurunkan resioko dari serangan berbagai penyakit.

Oleh karena itu sebaiknya lakukan olahraga secara rutin kurang lebihnya tiga kali dalam seminggu. Anda bisa melakukannya di pagi hari maupun sore hari. Tetapi alangkah baiknya jika anda melakukannya di pagi hari karena didukung dengan kondisi badan yang masih fresh dan udara pagi yang belum tercemar oleh polusi. Sehingga aman bagi kesehatan tubuh anda.

Olahraga yang anda lakukan pun tak perlu yang memberatkan bagi tubuh anda. Anda bisa cukup dengan berjalan-jalan atau berlari disekitar rumah anda. Namun, bila aktivitas anda berada di lingkungan kantor. Tenang saja anda masih bisa kok melakukan olahraga. Anda bisa melakukan olahraga dengan berjalan menaiki tangga dan berjalan-jalan saat menerima telpon.

3. Istirahat Cukup

Istirahat yang cukup juga memiliki peranan penting untuk kesehatan tubuh anda. Anda bisa melakukannya dengan cara mengistirahatkan tubuh anda minimal 8 sampai 9 jam per hari. Karena menurut pakar kesehatan dengan melakukan istirahat yang cukup tersebut dapat membuat tubuh anda fit dan sehat pada keesokan harinya.

Selain tidur dengan teratur pada tiap harinya, usahakan juga untuk tidur dan bangun pada jam yang sama tiap harinya. Karena dengan melakukan hal tersebut dapat membuat tubuh anda lebih siap dengan waktu kapan harus beristirahat dan kapan harus melakukan aktivitas. Sehingga tubuh anda akan terbiasa.

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Seperti yang anda ketahui tubuh manusia tersusun atas 80% cairan. Oleh karena itu, sebaiknya perbanyaklah mengkonsumsi air putih yang berguna sebagai asupan cairan yang dibutuhkan tubuh dan juga mencegahnya dari dehidrasi.

Hal ini didukung oleh para ahli yang berasal dari Chicago University, dimana menyatakan bahwa seseorang yang teratur mengkonsumsi air putih 8 sampai dengan 10 gelas setiap harinya, akan mempunyai kekebalan tubuh yang bagus dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi air putih.

Ini berarti, dengan mengkonsumsi banyak air putih dapat meningkatkan sistem imun yang berguna untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

5. Kurangi Konsumsi Daging

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Harvard T.H Chan School of Public Health, menyatakan bahwa zat besi yang terkandung didalam daging merah dapat menghambat kinerja insulin dan juga merusak sel-sel pankreas. Selain itu juga didapatkan fakta bahwa dengan mengurangi konsumsi daging merah dapat menurunkan risiko orang terkena diabetes sebanyak 35%.

Hal ini juga didukung dengan adanya penelitian dari University of California yang dilakukan oleh para ahli. Dimana mendapat sebuah fakta bahwa orang yang mengurangi konsumsi daging secara berkala dan menggantinya dengan mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur, buah, dan jenis kacang-kacangan dapat mempunyai umur yang lebih panjang.

6. Mengganti Cemilan Tidak Sehat

Bila anda terbiasa mengkonsumsi cemilan yang hanya memperhatikan faktor rasanya dibandingkan dengan kandungan nutrisinya. Maka, cepatlah ganti cemilan anda itu dengan buah-buahan. Hal ini karena banyaknya kandungan alami yang berada didalam buah-buahan seperti vitamin dan antioksidan yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Tentunya ini berbeda dengan cemilan-cemilan yang biasa anda konsumsi dimana mengandung banyak sekali bahan pengawet, pewarna dan minim akan nutrisi.

7. Kurangi Makanan Kaleng

Untuk anda yang terbiasa mengkonsumsi makanan kalengan, sebaiknya hindarilah mulai dari sekarang. Hal ini karena kandungan-kandungan gizi dalam makanan kaleng tersebut tidak sempurna dan dicampur dengan bahan-bahan pengawet yang bisa beakibat buruk bagi kesehatan tubuh anda bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terus-menerus.

8. Menjaga Kebersihan

Tips pola hidup sehat selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar anda. Karena dengan menjaga kebersihan maka anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus yang mengancam kesehatan anda.

Dalam menjaga kesehatan dapat dimulai dari diri anda dengan melakukan tahap berikut ini:

  • Mandi dengan Teratur

Untuk menjaga kebersihan tubuh anda dapat dilakukan dengan mandi secara teratur selama 2 kali dalam sehari. Dalam waktu pagi hari dan sore hari.

  • Menyikat Gigi

Selanjutnya lakukanlah aktivitas ini sedikitnya 2 kali dalam sehari. Karena akan mengurangi penumpukan bakteri dalam mulut anda. Bila anda tidak menyikat gigi secara teratur akan mengakibatkan mulut anda menjadi tempat dari sumber penyakit dan menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, juga dapat menyebabkan gigi berlubang dan peradangan pada gusi. Bila anda tidak menjaga kebersihan mulut anda dengan baik.

  • Mencuci Tangan

Seperti yang anda ketahui tangan merupakan sarang dari berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, sebelum melakukan aktivitas hendaknya cucilah tangan anda terlebih dahulu agar bakteri tersebut hilang. Selain itu, jangan lupa juga menambahkan sabun atau bisa juga dengan menggunakan hand sanitizer.

  • Makan dengan Porsi yang Cukup

Sebaiknya ketika anda mengkonsumsi makanan usahakan dalam porsi yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan. Karena dengan menjaga pola makan tersebut akan membuat metabolism tubuh anda bekerja dengan baik dan lancar. Selain itu, berat badan anda juga akan terjaga.

  • Disiplin serta Konsisten

Pola hidup sehat sebenarnya mudah sekali untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kunci utamanya hanya disiplin serta konsisten dalam menjalankan tips hidup sehat seperti diatas. Bila anda dapat menjalankannya maka kesehatan tubuh anda akan terjaga dengan baik.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *