Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Oleh /

Pada perut bagian dalam terdapat organ-organ seperti usus besar, usus buntu, sekum, ovarium kanan, ureter,  dan tuba falopi. Rasa sakit yang timbul pada perut sebelah kanan diakibatkan oleh adanya gangguan pada organ-organ tersebut sehingga fungsi kerja mereka terhambat.

Sakit perut sebelah kanan merupakan sakit yang ditimbulkan akibat adanya peradangan. Selain itu, juga dapat disebabkan oleh gangguan penyakit lainnya seperti kolitis dan usus buntu. Oleh karena itu, segeralah periksakan ke dokter untuk membantu menangani sakit yang anda derita,.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan:

1. Anda menderita radang usus buntu

Radang pada usus buntu dapat disebabkan oleh adanya infeksi sehingga memicu peradanagn dan pembengkakan. Ada pun ciri – ciri gejala usus buntu adalah mual, demam, sembelit, demam, perut kembung, meriang dan lain – lain.

2. Mittelschmerz

Salah satu ciri dari penyakit ini adalah timbul rasa nyeri ovulasi sebelum menstruasi. Gejalanya adalah kram, sakit mendadak dan sakit seperti ditusuk.

3. Batu ginjal kanan

Batu ginjal terbentuk karena adanya pengendapan kristal – kristal kecil. Gejala seseorang mengalami batu ginjal adalah terjadi sakit di bawah tulang rusuk sebelah kanan. Rasa sakit dapat menyebar hingga ke bagian pinggang hingga ke pangkal paha. Selain itu, gejala lainnya adalah sakit saat buang air kecil.

4. Infeksi pada ginjal bagian kanan

Infeksi pada ginjal dapat ditandai dengan nyeri perut bagian dalam, nyeri punggung, pinggang hingga sampai ke pangkal paha. Saat buang air kecil disertai dengan nanah atau darah. Pada umumnya juga disertai dengan demam.

5. Kista ovarium kanan

Gejala dari penyakit ini adalah nyeri panggul, perut membesar, sering buang air kecil, menstruasi yang tidak normal, BAB sakit, mual dan muntah, pendarahan dan lain lain.

6. Radang Usus

Radang pada usus dapat menyebabkan diare, penurunan berat badan dan menyebabkan komplikasi hingga menyebabkan kematian.

7. Endometriosis

Penyakit ini ditandai dengan adanya jaringan yang tumbuh di luar rahim, yaitu tumbuh pada bagian ovarium kanan, tuba falopi dan sakit perut sebelah kanan.

8. Hernia

Penyakit hernia memicu perut bagian kanan anda sakit dan nyeri. Gejala penyakit tersebut antara lain adalah munculnya benjolan pada lipat paha, nyeri saat batuk, adanya benjolan menyebabkan rasa sakit dan selangkangan terasa sakit.

9. Irritable Bowel Syndrome atau IBS

Penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada usus besar. Gejalanya adalah anda sering mengalami perut kembung, banyak gas di perut, diare dan sembelit.

10. Irritable Bowel Disease atau IBD

Penyakit ini menyebabkan gangguan pada usus besar. Gejala yang timbul antara lain adalah mengalami diare, tubuh mudah lelah, bera badan menurun, nafsu makan juga berkurang, perut nyeri dan kram, anemia dan lain-lain.

11. Gangguan pada saluran Pencernaan

Gangguan pada saluran pencernaan antara lain adalah adanya gas yang berlebihan sehingga menyebabkan perut terasa nyeri. Selain itu, penyakit ini juga dapat ditimbulkan akibat anda terlalu banyak mengkonsumsi permen karet dan merokok.

12. Dismenore

Bagi para wanita yang terkena penyakit ini mereka akan merasakan nyeri sebelum maupun saat menstruasi. Rasa nyeri yang muncul disebabkan oleh adanya kontraksi dinding rahim.

13. Sembelit

Sembelit dapat merangsang sakit perut sebelah kanan. Selain itu, dapat menimbulkan pembengkakan pada perut dan mengakibatkan muntah,

Tips Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit perut sebelah kanan:

  1. Anda dianjurkan untuk tidak memijit bagian perut yang sakit
  2. Menjaga agar pola makan teratur dan sehat
  3. Alangkah baiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang pedas, asam dan berlemak
  4. Banyak meminum air putih
  5. Istirahat yang cukup
  6. Anda dilarang untuk merokok
  7. Hindari stress
  8. Anda harus menghindari menahan kencing
  9. Rajin berolahraga
  10. Mengkonsumsi obat herbal

Anda dapat memanfaatkan bahan alami seperti jahe, kunyit, lidah buaya, biji adas dan lain – lain untuk membantu memelihara kesehatan serta untuk membantu mengobati sakit perut anda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *